Wednesday, February 3, 2010

Kajian Pimpinan Season 5

Salam Nasyiah..........
Setelah 4 kali mengadakan kajian pimpinan, PDNA Kota Yogyakarta kembali menggelar kajian pimpinan yang ke -lima pada tanggal 29 Januari 2010 jam 17.00 di rumah saudari Masyitah binti Marwan, Kotagede. Bertepatan dengan rapat rutin Pimpinan, pada kesempatan ini Kajian diisi Oleh Bapak M Ali, dan mengangkat tema : Berguru pada Binatang.
Pada Kajian ini kembali kita diingatkan bahwa Allah SWT menciptakan segala sesuatu itu pasti ada hikmahnya. Meski Allah menciptakan manusia dengan keistimewaannya jika dibandingkan dengan binatang, tetapi dalam Al Qur'an telah diajurkan kepada manusia untuk bisa membaca ayat ayat kauliyah dan kauniyah. Salah satunya adalah dengan membaca/ memetik ilmu yang ada pada perilaku hidup binatang LEbah.
Dalam Al Qur'an binatang lebah dimuliakan dengan dijadikannya An Nahl sebagai nama salah satu surat dalam al Qur'an. Ada 4 hal yang bisa kita ambil ilmu dalam kehidupan lebah :
1. Bahwa tata kehidupan lebah telah memiliki pembagian tugas/ job description yang jelas. Disini Nasyiah juga dituntut untuk bisa melaksanakan pembagian peran dan tugas demi terwujudnya tujuan Nasyiatul Aisyiyah dibentuk.
2. Bahwa Lebah selalu mencari dan mendapatkan makanan/sesuatu dari sesuatu yang baik. Ia tidak akan pernah hinggap pada tempat yang kotor dan buruk untuk mencari makanan, tapi dia akan selalu mengambil makanan dari saripati bunga.
Rejeki yang halal dan Thoyyib hendaknya selalu menjadi prioritas utama bagi kehidupan keluarga, karena hal ini bisa saja menjadi permasalahan sampai pada kehidupan bernegara.Sebagai contoh nyata adalah pada pembuatan SIM bagi pengendara, sementara perolehan secara jujur begitu sulitnya, kini telah digampangkan dengan pembuatan SIM tanpa ujian tapi dengan harga yang lebih dan secara kolektif. Lalu bagaimana kita menyikapinya ? salah satunya dengan selalu bershodaqoh untuk membersihkan harta yang telah kita keluarkan/konsumsi ataupun harta yang masih tersimpan.
3. Bahwa Lebah selalu memberikan yang terbaik yang ia punya dan bermanfaat.
Seperti yang kita tahu, bahwa lebah menghasilkan madu yang sangat bermanfaat bagi kita, biasa kita konsumsi sebagai obat ataupun sumber protein bagi tubuh. Seperti halnya Nasyiah, seperti filosofi yang ada juga pada simbol padi, yang selalu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.
Demikian sedikit review kajian pimpinan season 5, semoga bermanfaat. Dan kita simak kembali kajian pimpinan PDNA Kota Yogyakarta pada bulan yang akan datang. Insya Allah.

0 comments:

Template by : syaffa my-syaffa.blogspot.com